Jumat, 08 November 2013

ANTARA COPSTER dan PLAGIATOR



Assallamu'alaikum ^^
Baru pertama posting saya mencoba mencari mengenai permasalahan prilaku copy paste, karena saya mahasiswi yang menganut  perilaku tidak baik ini :D. Saya disini hanya memberikan opini berkaitan mengenai copy paste dan apa hubunganya dengan plagiator?, mari kita kupas setajam silet *tepukjidat. Dulu,sebelum saya masuk bangku kuliah saya kurang tau mengenai permasalahan hak cipta suatu artikel, jujur taunya pas ada tugas ya mainanya mbah google aja. Setelah lama-kelamaan saya mulai belajar mengenai copy paste suatu artikel itu harus izin dulu sama pemiliknya dan tidak lupa juga mencantumkan link pemilik artikel tersebut. Selain itu saya juga membaca salah satu artikel yang pemiliknya melarang keras kegiatan copy paste dan walaupun di cantumkan sumbernya beliau menolak artikelnya di copy paste -_-. Pertanyaan saya jika untuk tugas boleh atau tidak mengcopypaste artikel seseorang? Apakah itu juga pelanggaran hak cipta?, walaupun saya sendiri tidak suka jika karya saya di copy paste dengan akun blog yang tujuanya untuk kepentinganya sendiri apalagi tidak mencantumkan sumber yang relevan dari sumber yang di ambilnya tersebut. Jika benar saya yang sering  copy paste karena keadaan dan sikap malas saya yang rada-rada berlebihan dalam mencari tugas, dan sebelum jadi sebuah makalah terlebih dahulu saya mengeditnya dan tidak lupa saya cantumkan sumber artikel tersebut, apakah melanggar juga?, fuih >_<, ternyata ribet juga ya di dunia maya sama ketatnya dengani dunia nyata apalagi kalau saya copy paste artikel orang lain dan kalau saya posting takutnya si pemilik artikel yang asli marah dan waw bisa di sidang saya. Oleh karena itu, saya pun mulai berhati-hati dalam membuat karya tulis karena konon katanya kalau punya kesamaan kata dari postingan seseorang akibatnya pihak google dapat menghapus blog tersebut dengan tuduhan copy paste dan kita tidak tau nasib blog kita jika terjadi demikian. Plagiator disini adalah pelaku copy paste, mencuri, merampok karya milik orang lain tanpa diketahui sumber yang asli karya tersebut.Bedanya copyster itu kegiatanya, tetapi bisa menjadi plagiator untuk tingkat yang lebih parah lagi. Parahnya bukan di dunia nyata saja plagiator bergentayangan tetapi di dunia maya juga terkenal dengan kepalgiatoranya. Bukan hanya itu malah plagiator tersebutlah yang bisa terkenal karena hasil rampokanya tersebut. Ngeri, pastinya karena saya baru membuat blog dan baru memulai menulis  karya orisinil saya sendiri tentunya, hehe *nyengirkuda. Oke, tidak tau betapa terkenalnya seseorang jika hasil yang didapatkanya hanya copy paste dari karya milik orang lain dan ini juga sebagai peringatan saya sendiri. Jujur saya sendiri kecewa karena hasil tugas yang saya ambil hanyalah milik orang lain dan saya juga tidak bangga karena buah hasil pemikiran orang lain yang saya copy paste. Saya ingat pesan dosen saya “Jangan jadi plagiator, karena itu merugikan”, disitu jelas dosen saya menentang plagiator karena memang tindakan sebagai plagiator justru tidak menguntungakan baik dari si plagiator itu sendiri maupun pemilik yang asli. Mungkin pertama akan merasakan bangga karena hasil yang diambil dari orang lain tanpa memberikan sumber aslinya, tetapi karma masih berlaku!. Ada saatnya kita terkena imbas dari hasil perbuatan kita yang kurang baik. Jadi intinya jadilah blogger yang sehat, jika pemilik akun itu sendiri tidak mau hasil karyanya di copas janganlah kita memaksa bahkan memplagiatkan hasil karyanya secara paksa. Untuk hasil copasan saya terhadap blog-blog sekedar untuk bahan tugas, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan saya sendiri mencantumkan sumber asli blog tersebut  kok , tidak ada madsud untuk plagiat karya blog tersebut .

Wassallamu'alaikum

Tidak ada komentar: